Start from simple things

Dalam suatu ayat Qur’an diceritakan bahwa suatu ketika seorang hamba akan sampai pada pengakuan ” Ya Tuhan kami tidak ada yang Kau ciptakan dengan siasia “. Itu bisa dipahami bahwa sebenarnya kategorisasi yang kita lakukan terhadap banyak hal itu hanya untuk tujuan sementara. Mungkin yang hakiki, ketika manusia sudah sampai pada kesadaran itu, maka tidak adalagi kategori – kategori, tidak ada lagi pembagian kelas, kasta, apapun yang membuat semuanya (khususnya manusia) seolah – olah terpecah – pecah.
Dalam dunia ini banyak hal yang dianggap sederhana dan kecil sehingga jarang, bahkan tidak ada orang yang memperhatikannya. Ada banyak hal yang semula tidak nampak, sangat kecil, yang kemudian mampu mengejutkan banyak orang. Dan biasanya, setelah hal itu “dianggap sudah besar” maka sifat manusia yang lain akan muncul, yaitu klaim, mengatakan itu sebenarnya sudah ada disini dan disana, dan sebagainya. Kemampuan untuk melihat “sesuatu yang kecil” itu bisa kita lakukan jika kita menjauhi sifat sombong. Karena sombong menutup mata kita terhadap sesuatu yang “dianggap kecil”.
Ketika teman kita memulai sesuatu yang “dianggap kecil” tadi, sudah bisa dipastikan akan ada saja orang yang mencibir, ah pekerjaan apa itu… Dan celakanya itu tumbuh subur di masyarakat kita. Kuatnya budaya plagiasi sepertinya juga berawal dari sana, kita cenderung malas memulai dari sesuatu yang kecil dan sederhana. Dalam benak kita selalu saja muncul apa yang besar, apa yang besar, apa yang besar. Kita lebih senang revolusi dari pada evolusi, lebih senang perubahan yang monumental dari pada yang gradual.
Adakah sebenarnya hal “kecil” dan “besar” itu. Dalam setiap ilmu yang kita pelajari, kita akan selalu bertemu bahwa semuanya menempati makom / sunahnya masing – masing. Tidak ada besar dan kecil. Sehingga kita tidak sepantasnya ragu memulai sesuatu yang kita yakini itu akan membawa perubahan, meskipun dianggap kecil. Perubahan minimal pada diri kita sendiri.

About inasandya

just learner ....

Posted on October 13, 2012, in oretoret. Bookmark the permalink. Leave a comment.

komentare .....

SMK Cendika Bangsa Kepanjen

Kompeten Cerdas Santun

MKKS

SMP Swasta Kabupaten Malang

Cerita Motivasi - Kumpulan Kisah Inspirasi Terbaik

Kumpulan cerita motivasi, kisah inspiratif, cerita bijak, kisah teladan. Bisa dijadikan renungan agar kehidupan menjadi lebih baik.

Program Magister Teknik Elektro FT UB

Informasi yang mungkin tercecer ...